back button

4 Jenis Velg Mobil Berdasarkan Bahan dan Proses Pembuatannya

Ditulis oleh : moservice,

08 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
4 Jenis Velg Mobil Berdasarkan Bahan dan Proses Pembuatannya

moservice.id – Bagi Anda yang memiliki hobi otomotif dan suka melakukan modifikasi mobil, pastinya ingin agar tampilan eksterior mobil jadi lebih menarik. Banyak bagian eksterior mobil yang bisa diganti untuk meningkatkan daya tarik kendaraan. 

Dalam sisi eksterior kendaraan, velg mobil menjadi bagian yang seringkali dilihat keberadaannya. Velg mobil sangat menentukan handling dan akselerasi pada sebuah mobil. 

Jenis Velg Mobil dari Bahan Materialnya

Saat ini jenis-jenis velg mobil memang bisa dilihat langsung dari bahan materialnya yang dapat menentukan kekuatan dan berat terhadap mobil. 

Semakin berat maka performa, akselerasi, dan handling semakin mempengaruhi pengeremannya. Jika dilihat dari jenis bahannya, berikut ini beberapa jenis velg mobil yang bisa Anda pilih.

1. Velg Bahan Carbon

Sejauh ini carbon fiber menjadi bahan material yang dianggap paling kuat dan ringan. Mobil supercar kebanyakan memakai bahan carbon di semua bagian bodinya.

Pembuatan velg carbon memang membutuhkan waktu yang lama dibandingkan bahan dari besi dan alumunium. Maka dari itu velg carbon sangat mahal harganya dipasaran.

2. Velg Bahan Magnesium

Velg dari bahan magnesium memang jarang sekali ditemukan di Indonesia. Namun, jika Anda memakai jenis velg ini, sudah pasti nilai kekuatannya akan lebih tahan lama dibandingkan bahan lainnya. 

Mampu meredam panas dari gesekan rem dan tahan guncangan. Ada hal yang membuat jenis velg ini jarang digunakan, karena bahan dari magnesium sangat rentan sekali korosi atau karatan. 

Maka dari itu velg magnesium lebih banyak digunakan dalam arena balapan mobil saja.

3. Velg Bahan Baja

Velg berbahan baja (steel) merupakan jenis velg yang paling banyak digunakan. Velg jenis ini disebut sebagai velg kaleng karena perpaduan besi dan karbon. Dalam segi bahan, baja memang dianggap kuat dibandingkan jenis velg lainnya.

Velg baja memang memiliki pengaruh ke berat mobil. Karena memiliki desain yang fleksibel, maka velg baja dianggap sangat minimalis. Sejauh ini jenis mobil lama memang sering memakai jenis velg baja dibandingkan velg alumunium.

4. Velg Bahan Alumunium

Velg dengan bahan alumunium muncul sebagai jenis velg yang paling modern. Velg jenis ini menggantikan velg baja yang dulu memang paling digunakan pada jenis mobil lama atau klasik. 

Bahan alumunium memang dikenal lebih ringan dan kuat karena berbahan campuran magnesium dan nikel.

Jenis bahan alumunium memang dikenal lebih mudah dibentuk apalagi bahan yang tersusun sejauh ini paling sederhana untuk dibentuk dan didesain. Harga velg alumunium bervariasi mulai dari harga terjangkau sampai mahal tergantung modelnya.

Baca juga: Benarkah Modifikasi Velg Berdampak pada Konsumsi BBM

Macam-Macam Velg Mobil Berdasarkan dari Proses Pembuatannya

Sedangkan, jenis velg berdasarkan konstruksinya dibedakan menjadi 3 proses produksinya, yaitu:

1. Metode Casting

Velg dengan metode pembuatan casting dibuat dengan cara dicetak. Proses casting ini didapatkan dari lelehan material velg yang dipanaskan menjadi cairan lalu dituang ke dalam cetakan dan dibentuk sesuai keinginan.

Ada 2 tipe jenis yaitu, gravity casting dan low pressure casting

A. Gravity Casting 

Gravity casting merupakan metode pembuatan velg mobil dengan cara menuangkan material yang sudah dilelehkan ke dalam cetakan velg lalu memanfaatkan putaran alat moulding untuk memanfaatkan gravitasi bumi sehingga cetakan lebih cepat penuh.

Keuntungan menggunakan metode ini adalah waktu lebih singkat dan harga yang ekonomis.

B.  Low Pressure Casting

Low pressure casting merupakan teknik pembuatan velg  mobil dengan proses menuangkan cairan material ke dalam cetakan lalu menggunakan mesin injeksi khusus untuk menghasilkan tekanan rendah (low pressure). 

Keuntungan teknik pembuatan velg mobil ini adalah memiliki tingkat kepadatan dan ketahan yang lebih baik dari gravity casting, bobot yang ringan, namun harganya lebih mahal.

2. Metode Flow Forming

Metode pembuatan flow forming prosesnya hampir sama dengan model casting namun kemudian diputar memakai mesin sambil dipanaskan. 

Awalnya, velg mobil dibuat dengan modelnya terlebih dahulu. Setelah itu, velg akan dimasukkan ke dalam mesin dan dibentuk sesuai desain model yang sudah dibuat. 

Proses pembuatannya memanfaatkan cairan khusus yang sudah dipanaskan lalu memutar cairan hingga membentuk model velg. Hasilnya pun velg mobil memiliki ketahanan yang baik, bobot yang ringan, waktu pembuatan relatif lebih cepat, dan juga harga produksi yang terjangkau.

3. Metode Forging

Proses pembuatan velg yang lebih kuat dibandingkan dua proses sebelumnya. Metode pembuatannya dengan cara teknik press yang digabungkan metode flow forming, sehingga menghasilkan bentuk model yang lebih padat dan mudah dibentuk saat dipanaskan di dalam mesin CNC.

Setelah selesai, velg mobil yang sudah jadi bisa dibersihkan dan dirapikan lalu dilanjutkan dengan pengecatan warna velg yang diinginkan. 

Karena tingkat kerumitannya yang tinggi dibandingkan 2 metode sebelumnya, maka harganya pun lebih mahal. Namun, hasilnya juga lebih padat, kuat, ringan, dan rapat. 

Baca juga: Balancing Ban Mobil: Jenis, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Model Pembuatannya

Saat ini, ada berbagai macam jenis velg mobil yang bisa dibedakan melalui konstruksinya.

1. Velg dengan dari Satu Komponen

Velg dengan satu komponen atau one piece (1 piece) ini hanya menggunakan 1 jenis blok komponen saja sebagai bahan penyusunnya yang dihasilkan dari metode pembuatan forging.

2. Velg dengan Dua Komponen

Velg jenis ini disebut dengan velg two piece (2 piece) yang terdiri dari 2 jenis blok komponen barrel dan face yang sambungkan dengan baut kecil. 

Jenis velg ini lebih berat dan kuat dibanding velg yang hanya terdiri dari 1 komponen saja.

3. Velg dengan Tiga Komponen

Velg tiga komponen three piece (3 piece) terdiri atas face, barrel inner, dan barrel outer yang dilapisi dengan perekat atau seal di antara inner dan outer untuk mencegah air masuk atau waterproof.

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Pabrikan

– Velg asli atau Original Equipment Manufactured (OEM) 

Velg mobil original yang resmi dibuat oleh pabrikan kendaraan secara langsung.

– Velg Aftermarket

Velg yang dibuat pihak ke-3 atau bukan brand produsen mobil namun tetap mengikuti standar komponen velg yang digunakan. Ada juga brand lain yang memiliki desain tersendiri sebagai ciri khasnya.

– Velg Replika

Jenis produk velg mobil tiruan OEM atau aftermarket yang dibuat sama persis dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: Empat Tips Perawatan Velg Mobil yang Mudah Dilakukan

Istilah Umum yang Digunakan Saat Modifikasi Velg Mobil

1. Offset

Offset merupakan jarak antara diameter dengan bagian luar velg yang ditunjukkan melalui perpaduan huruf dan angka. Contoh ET 10 dan ET 50.

Semakin kecil angkanya, maka semakin dalam dan lebar bagian luar velg mobil. Sebaliknya, semakin besar angkanya, semakin tips dan dangkal bagian luar velg mobil.

2. Pitch Circle Diameter (PCD)

PCD merupakan kepanjangan dari pitch circle diameter yang merupakan jarak diameter dari baut roda dan velg mobil. Satuan yang digunakan adalah cm untuk mengukur seberapa jauh jaraknya.

Bila ingin melakukan modifikasi velg mobil, ini adalah bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Sebaiknya, cari PCD yang sesuai standar mobil agar pas dan nyaman digunakan.

Hindari menggunakan velg mobil yang tidak sesuai ukuran PCD karena bisa membahayakan bila terjadi ketidaksesuaian komponen velg dengan mobil saat berkendara.

Tips Mengganti Velg Mobil

Nah untuk menggantinya, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika memilih sebuah velg mobil.

1. Cek Kesesuaian Velg Mobil dengan Ring Mobil

Pastikan untuk memilih velg mobil yang sesuai mulai dari ukuran offset dan PCD standar bawaan yang digunakan. Jangan karena melihat model velg mobil yang keren atau murah Anda langsung membelinya tanpa mempertimbangkan apakah velg mobil ini bisa cocok digunakan atau tidak.

Anda bisa melihat kesesuaian velg mobil dengan memperhatikan ring mobil, mulai dari velg mobil ring 14, ring 15, ring 16, ring 17, dan juga ring 22.

2. Beli Velg Mobil yang Asli

Pertimbangkan untuk membeli velg mobil dari brand ternama atau yang sudah terbukti kualitasnya. Hal ini untuk menghindari adanya kerusakan komponen atau kurangnya kualitas produk yang digunakan.

Salah satunya adalah dengan melihat stiker hologram ataupun nomor serial di kemasan produk agar tahu apakah ini produk (OEM) Original Equipment Manufactured, aftermarket, ataupun replika.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh memilih produk velg mobil yang tidak ternama. Hanya saja harus lebih jeli memilihnya. 

Beberapa rekomendasi produk velg mobil yang bisa dipertimbangkan:

  • Auto Speed
  • BBS
  • Enkei
  • HSR Wheel
  • KMC
  • Konig
  • OZ Racing
  • RAV
  • Rays
  • RC-04
  • Vossen
  • Dsb

Baca juga: Tips Membeli Velg Bekas agar Tidak Mudah Tertipu

3. Gunakan Ban yang Sesuai Standar

Setelah mendapatkan velg yang diinginkan, pastikan juga agar ukuran ban bisa masuk ke dalam velg mobil. Pilih ban yang sesuai standar bawaan mobil dan bisa digunakan velg mobil. 

Jika tidak, maka akan percuma karena velg mobil tidak pas, sehingga tidak bisa digunakan.

4. Pastikan Velg Mobil Memiliki Garansi Resmi dan Layanan After Sales

Bila velg mobil yang dijual memang terbukti kualitas dan daya tahannya, tentu penjual tidak akan ragu memberikan garansi pengembalian produk dalam jangka waktu tertentu setelah Anda membelinya lalu melakukan klaim produk bila ternyata rusak atau tidak sesuai. 

Utamakan juga ketersediaan layanan after sales seperti service atau perbaikan lainnya bila terjadi masalah, sehingga pihak penjual akan tetap mau membantu Anda menyelesaikan masalah yang dihadapi. 

Jika tidak ada garansi maupun layanan tertentu yang diberikan, Anda sebaiknya mempertimbangkan kembali segala resiko yang mungkin bisa terjadi.

Itulah jenis-jenis velg mobil yang perlu diketahui. Penting untuk memahami bagaimana cara memilih velg mobil yang benar agar bisa digunakan dengan baik oleh kendaraan Anda.

Bila Anda ingin mengganti velg mobil, Anda bisa memilih bengkel velg mobil terdekat yang disediakan oleh Moservice di kota Anda.

Nikmati juga promo ganti velg mobil yang bisa Anda dapatkan saat memesan bengkel langsung melalui situs Moservice.id. 

Caranya mudah, cukup daftar melalui website dan pilih jenis service yang inginkan, lalu Anda akan mendapatkan kode promo yang bisa ditukarkan melalui bengkel rekanan Moservice yang tersebar di seluruh Indonesia.

Yuk, gabung sekarang!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000