back button

3 Penyebab Indikator Airbag Mobil Menyala dan Cara Merawatnya

Ditulis oleh : moservice,

21 Feb 2023

fbtwitterwhatsapp
3 Penyebab Indikator Airbag Mobil Menyala dan Cara Merawatnya

moservice.id – Airbag adalah salah satu fitur keselamatan pada kendaraan bermotor yang dirancang untuk membantu melindungi pengendara dan penumpang dari cedera saat mengalami benturan karena kecelakaan atau tabrakan.

Bagi yang belum tahu cara kerjanya, Anda bisa mencoba mencari tahu bagaimana cara kerja airbag mobil

Jika lampu airbag di dashboard kendaraan Anda terus menyala atau berkedip, maka ini menunjukkan adanya masalah pada sistem airbag. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Berikut ini berbagai penyebab yang membuat indikator airbag mobil terus menyala.

1. Sensor Airbag Rusak

Sensor airbag pada kendaraan bertanggung jawab untuk mendeteksi ketika terjadi tabrakan dan memicu aktivasi kantung udara. 

Jika sensor ini rusak atau bermasalah, maka indikator airbag pada dashboard akan terus menyala walau tidak terjadi tabrakan atau tidak digunakan.

2. Terjadi Masalah Kelistrikan

Kabel yang putus hingga masalah korsleting pada komponen listrik bisa membuat lampu indikator airbag terus menyala. 

Jika masalahnya berasal dari sistem kelistrikan, itu berarti airbag mobil dalam keadaan normal dan Anda hanya perlu memperbaiki sistem kelistrikan kendaraan dengan mencari jalur kabel yang putus atau mengganti komponen listrik yang terbakar.

3. Airbag Mengalami Malfungsi

Selain itu, sensor airbag yang terus hidup juga bisa dikarenakan adanya kerusakan secara fisik, mulai dari kantong udara robek ataupun masalah pada sensor airbag.

Apakah Airbag Dapat Membahayakan Pengemudi?

Secara umum, airbag atau kantung udara  dirancang untuk meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang dalam kendaraan saat terjadi tabrakan. 

Dalam beberapa situasi tertentu, airbag juga dapat berbahaya jika kantung udara terlalu dekat dengan pengemudi atau penumpang, maka ketika airbag mengembang tanpa adanya kecelakaan atau mobil terbentur dengan sesuatu benda keras, hal ini dapat menyebabkan cedera, terutama pada anak-anak.

Namun, resiko ini relatif kecil dibandingkan manfaat yang dihasilkan oleh penggunaan airbag itu sendiri. Jadi, bisa dikatakan airbag tidak membahayakan dan cenderung dapat membantu meningkatkan keselamatan berkendara.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Saat Hendak Modifikasi Setir Mobil

Kapan Kantung Udara Akan Terbuka Mengembang?

Airbag akan membuka secara otomatis ketika sensor mobil mendeteksi adanya tabrakan atau benturan keras yang melebihi batas tertentu. 

Batas ini diatur oleh produsen kendaraan dan berbeda-beda tergantung pada jenis kendaraan dan modelnya.

Sensor yang digunakan untuk mendeteksi tabrakan keras biasanya terdiri dari accelerometer dan gyroscope yang dapat mengukur percepatan dan gerakan kendaraan. 

Sensor ini terhubung dengan unit kontrol airbag, yang akan mengevaluasi informasi sensor dan memutuskan apakah airbag perlu dikeluarkan atau tidak.

Cara Merawat Airbag Mobil

Merawat airbag sangat penting untuk menjaga keamanan Anda saat berkendara. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kantung udara mobil.

1. Perhatikan Keadaan Airbag

Pastikan airbag selalu dalam kondisi siap pakai dan tidak rusak atau bocor. 

Hindari menempatkan benda berat di atas kemudi atau tempat airbag terpasang, seperti barang-barang yang tergantung di sekitar kemudi atau ponsel.

Jika airbag terlihat rusak atau sobek, segera bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk diperiksa.

2. Service Kendaraan Secara Berkala

Pastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi baik dan melakukan servis kendaraan secara teratur. Hal ini akan membantu memastikan sistem kantung udara dapat bekerja dengan baik.

3. Hindari Modifikasi Airbag

Melakukan custom airbag pada kendaraan atau mengganti airbag dengan suku cadang yang tidak direkomendasikan dapat berpotensi terjadinya malfungsi pada sistem airbag karena ketidakcocokan yang bisa saja terjadi. 

Hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan berkendara. Jika terjadi kecelakaan dan kantung udara terpakai, pastikan untuk segera membawa kendaraan ke bengkel untuk diperiksa dan memperbaiki airbag yang rusak.

Hal ini akan membantu mengidentifikasi masalah ataupun kerusakan pada sistem airbag mobil Anda.

Bila Anda memiliki masalah dengan airbag mobil, Anda bisa membawanya ke bengkel mobil profesional untuk dilakukan pengecekan.

Sekarang, booking bengkel mobil jadi lebih mudah dan cepat dari situs Moservice.id.

Cukup dengan mendaftar langsung melalui website, Anda bisa memilih lokasi bengkel yang paling terdekat dengan lokasi Anda dan dapatkan berbagai promo service kendaraan menarik secara langsung!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000