back button

Kenali 6 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Berbau Sangit

Ditulis oleh : moservice,

02 Mar 2023

fbtwitterwhatsapp
Kenali 6 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Berbau Sangit

moservice.id – Untuk membuat kinerja motor tetap optimal, maka para pemilik kendaraan bermotor perlu melakukan perawatan secara berkala. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan rutin membersihkan mesin motor.

Biasanya, masalah yang sering terjadi adalah motor tercium yang menyengat dan tidak sedap, berarti ada masalah dengan komponen mesin motor Anda.

Berikut ini berbagai penyebab mesin motor mudah panas dan mengeluarkan sangit atau terbakar yang tidak sedap.

1. Mesin Mengalami Overheat

Mesin motor yang terlalu panas dapat terjadi akibat beberapa faktor seperti terlalu lama berkendara, sistem pendingin mesin motor tidak bekerja dengan baik, terlalu lama berhenti dengan mesin yang masih menyala, atau terlalu sering mengendarai mesin pada kecepatan tinggi. 

Bila terus dibiarkan, hal ini bisa membuat motor seperti mengeluarkan bau gosong karena terbakar yang dapat mengakibatkan komponen mesin cepat aus dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

2. Komponen Mesin Aus 

Beberapa komponen mesin yang sudah aus atau rusak dapat menyebabkan mesin cepat panas dan berbau menyengat. 

Contohnya seperti kampas rem yang sudah tipis, kopling yang sudah aus, atau oli mesin motor yang sudah lama tidak diganti bisa membuat komponen mesin lebih cepat aus dan panas, sehingga tidak jarang orang di sekitar bisa mencium bau terbakar dari kendaraan motor Anda.

3. Tidak Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Disarankan untuk menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan motor, hal ini untuk mencegah terjadinya ketidakcocokan bahan bakar yang justru dapat merusak komponen motor.

Selain itu, kualitas bahan bakar juga perlu diperhatikan agar jangan sampai tercampur dengan air karena dapat membuat mesin motor menjadi lebih cepat panas dan mengeluarkan asap berwarna putih.

Baca juga: 11 Cara Menyetel Karburator Motor agar Kencang dan Irit Bensin

4. Membawa Beban Berlebih

Mesin motor yang terlalu banyak beban, seperti menarik beban yang berat atau mengangkut barang yang terlalu banyak, dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras, sehingga membuatnya mengalami overheat dan akhirnya mengeluarkan bau sangit yang menyengat.

5. Kerusakan pada Sistem Pendingin Mesin

Sistem pendingin mesin berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan tidak cepat panas. 

Jika terjadi kerusakan pada sistem pendingin mesin, maka suhu mesin akan naik dan menyebabkan mesin motor cepat panas dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. 

Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kebocoran pada selang atau radiator, atau kerusakan pada kipas pendingin. 

Jika mesin motor mengeluarkan bau terbakar, periksa sistem pendingin mesin mulai dari sistem pendingin udara, sistem pendingin cairan, dan juga sistem pendingin oli mesin.

6. Knalpot Motor Bermasalah

Sistem knalpot berfungsi untuk mengeluarkan gas buang dari mesin motor. 

Jika terjadi sumbatan pada saluran knalpot, maka gas buang akan terjebak dalam mesin motor dan menyebabkan mesin motor mengeluarkan bau yang tidak enak. 

Jika mesin motor Anda mengalami gejala cepat panas dan bau sangit, sebaiknya bawa ke bengkel motor terdekat untuk memastikan penyebabnya, sehingga dapat mencegah kerusakan yang lebih parah.

Untuk memudahkannya, sekarang Anda bisa menggunakan layanan booking bengkel secara online dari Moservice untuk memilih bengkel service mesin motor yang paling terdekat dengan lokasi Anda.

Yuk, percayakan bengkel motor profesional pada bengkel rekanan Moservice!

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000