back button

10 Penyebab Motor Beat Mati Mendadak, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ditulis oleh : moservice,

08 Mar 2023

fbtwitterwhatsapp
10 Penyebab Motor Beat Mati Mendadak, Bagaimana Cara Mengatasinya?

moservice.id – Motor Beat merupakan salah satu jenis sepeda motor yang cukup populer di Indonesia. Namun, seperti halnya kendaraan bermotor lainnya, Motor Beat juga dapat mengalami masalah teknis. 

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik Motor Beat adalah matinya mesin secara tiba-tiba atau mendadak. 

Hal ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat pemilik Motor Beat merasa kesulitan. 

Untuk itu, ada baiknya agar Anda bisa mengetahui apa saja penyebab motor Beat bisa mati mendadak.

1. Busi Motor Kotor

Busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan mesin motor bisa mati mendadak karena busi tidak dapat menyala dengan baik, sehingga dapat menghambat proses pembakaran mesin.

Jika tidak segera dibersihkan, maka motor akan sering tersendat dan sulit dinyalakan. 

2. Terjadi Korsleting Listrik

Penyebab lain motor Beat yang suka mati mendadak juga bisa diakibatkan dari adanya korsleting yang dapat menyebabkan mesin motor Beat mati mendadak. 

Hal ini bisa terjadi karena kabel atau soket kelistrikan yang tidak terhubung dengan baik atau rusak. 

Ketika ini terjadi, maka arus listrik tidak dapat mengalir dengan baik dan motor akan mati secara tiba-tiba.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memeriksa kabel dan soket kelistrikan pada motor Anda. Jika terdapat kabel yang putus atau soket yang longgar, segera perbaiki atau ganti. 

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi baterai dan sistem pengisian agar motor Anda tidak kekurangan daya.

3. Karburator Mengalami Kerusakan

Saat motor Beat mati mendadak di tengah jalan, maka Anda perlu memeriksa bagian karburator motor.

Karburator berperan penting sebagai tempat proses pembakaran bahan bakar, bila karburator tidak berfungsi, maka tidak dapat memadukan bahan bakar dengan udara dengan baik. 

Cobalah untuk mengecek bagian karburator apakah memang rusak atau hanya kotor saja. Bila karburator kotor, Anda hanya perlu membersihkannya. 

Namun, bila sudah dibersihkan tetap tidak berfungsi, segera bawa ke bengkel untuk perbaiki.

Baca juga: 11 Cara Menyetel Karburator Motor agar Kencang dan Irit Bensin

4. Masalah pada Sistem Pengapian

Sistem pengapian yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin mati mendadak. 

Hal ini terjadi karena sistem pengapian tidak dapat menghasilkan api yang cukup kuat untuk memicu pembakaran mesin. 

Pastikan untuk membersihkan busi secara berkala. Busi yang kotor dapat membuat mesin motor tidak bisa menyala bahkan tersendat atau mati sendiri.

5. Penggunaan Bahan bakar yang Tidak Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyebab motor Beat Anda tidak bisa menyala atau sempat menyala lalu mati lagi.

Hal ini terjadi karena bahan bakar tidak dapat dicampur dengan udara dengan baik di dalam karburator. 

Selain itu, juga bisa terjadi karena kerusakan pada filter udara atau pompa bahan bakar. Pastikan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi motor.

6. Bahan Bakar Habis

Sebagai pengendara motor, terkadang kita kurang memperhatikan lampu indikator bahan bakar. Ada masanya ketika bensin memang sudah habis namun kita tidak menyadarinya. 

Tentu saja kejadian ini akan membuat motor yang kita kendarai tiba-tiba langsung mati mendadak karena kehabisan bahan bakar.

7. Kampas Kopling Habis

Kampas kopling merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam sistem transmisi motor karena bertanggung jawab untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda. 

Kampas kopling yang habis bisa menyebabkan motor sulit untuk berakselerasi karena tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak bisa disalurkan dengan baik ke roda, sehingga bisa menyebabkan motor Beat mati mendadak. 

Hal ini terjadi karena kampas kopling yang habis tidak bisa menahan putaran mesin dengan baik ketika kopling dilepas. Akibatnya, mesin bisa mati karena tidak ada transfer tenaga yang cukup ke roda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kondisi kampas kopling secara berkala dan menggantinya jika sudah habis atau aus. 

Jangan menunda-nunda penggantian kampas kopling karena dapat membahayakan keselamatan berkendara dan memperburuk kerusakan pada komponen motor lainnya.

Baca juga: Fungsi dan Cara Pasang Relay Klakson Motor

8. Aki Motor Habis

Aki motor memiliki fungsi sebagai sumber listrik utama bagi motor dan starternya. Jika aki tidak mampu menyuplai listrik yang cukup, maka motor tidak akan bisa menyala atau bisa mati mendadak saat sedang digunakan.

Selain itu, aki yang rusak juga dapat menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan motor dan komponen lainnya seperti regulator atau alternator. 

Jika regulator atau alternator tidak berfungsi dengan baik, maka kelistrikan motor tidak akan stabil dan dapat menyebabkan motor Beat mati tidak bisa dihidupkan.

9. Mesin Motor Overheat

Sistem pendingin pada motor Beat sangat penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. 

Jika sistem pendingin tidak berfungsi dengan baik, maka mesin bisa menjadi panas dan akhirnya mati karena overheat.

Untuk memperbaikinya, periksa kondisi radiator dan kipas pendingin pada motor Anda. 

Jika terdapat kerusakan atau kotoran, bersihkan atau ganti. Pastikan juga air radiator tidak habis.

10. Masalah pada Sistem Transmisi

Sistem transmisi motor adalah sistem yang menghubungkan mesin dengan roda, dan jika terjadi masalah pada sistem ini, maka akan mempengaruhi kinerja mesin dan dapat menyebabkan motor tidak bisa dihidupkan. 

Beberapa masalah pada sistem transmisi motor yang dapat menyebabkan motor mati mendadak adalah:

  • Kopling rusak atau aus: Kopling adalah bagian penting dari sistem transmisi motor yang menghubungkan mesin dengan transmisi. Jika kopling rusak atau aus, maka mesin tidak dapat berputar dan motor Beat bisa mati mendadak.
  • Gigi transmisi macet: Jika gigi transmisi macet, maka mesin akan terhenti secara tiba-tiba dan motor bisa mati mendadak.
  • Rantai atau sabuk putus: Rantai atau sabuk yang menghubungkan mesin dengan roda juga merupakan bagian penting dari sistem transmisi motor. Jika rantai atau sabuk putus, maka mesin tidak akan dapat menggerakkan roda dan motor bisa mati mendadak.
  • Minyak transmisi rendah: Minyak transmisi yang rendah dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan pada sistem transmisi dan mempengaruhi kinerja mesin. Jika hal ini terjadi, motor bisa mati mendadak.

Bila motor mengalami kerusakan, Anda bisa segera membawanya ke bengkel motor.

Moservice sebagai platform booking bengkel motor secara online bisa membantu Anda menghubungkan dengan berbagai bengkel rekanan profesional yang ada di seluruh Indonesia dengan lokasi Anda saat ini.

Moservice menawarkan kemudahan booking bengkel melalui website dan beragam promo service motor yang dihadirkan.

Daftar sekarang dan pilih layanan service yang dibutuhkan!

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000