back button

7 Penyebab Setir Mobil Bergetar di Jalan Rusak

Ditulis oleh : moservice,

11 Oct 2022

fbtwitterwhatsapp
7 Penyebab Setir Mobil Bergetar di Jalan Rusak

moservice.id – Salah satu masalah yang membuat mobil tidak nyaman adalah getaran setir, terutama saat berkendara di jalan yang rusak atau tidak rata. 

Tentu saja, kondisi kemudi seperti itu sangat berbahaya, terutama saat digunakan pada kecepatan tinggi. 

Namun, banyak pengemudi yang tidak mengerti apa yang jadi penyebab setir bergetar di jalan rusak.

1. Velg Tidak Sesuai dengan Standar Mobil

Ada beberapa pemilik mobil terkadang ingin mengganti beberapa bagian mobilnya, seperti velg racing atau ban profil lebar, agar mobilnya terlihat keren dan macho. 

Namun, komponen ini mungkin tidak cocok untuk semua mobil dan menyebabkan mobil bergetar

Hal ini bisa menjadi penyebab mengapa setir mobil selalu bergetar.

2. Kaki Mobil Aus

Salah satu penyebab setir mobil bergetar adalah karena kerusakan bagian kaki mobil, seperti bearing roda mobil, lux tea, tie rod, long tie rod, dan ball joint

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti komponen kaki mobil yang rusak dengan komponen baru..

3. Ban Mobil Kurang Angin atau Bocor

Ketika Anda tidak menyadari bahwa ban mobil kurang angin atau bocor, hal ini bisa berpengaruh terhadap performa kecepatan kendaraan dan bisa membuat setir mobil terasa bergetar.

Tekanan pada ban mobil tidak maksimal untuk menahan beban bawaan mobil, sehingga membuat mesin harus bekerja lebih keras yang akhirnya memicu munculnya getaran pada setir mobil.

Baca juga: 5 Jenis Setir Mobil dan Fungsinya Masing-Masing

4. Rack Steer Sudah Longgar

Pemilik mobil biasanya melakukan penyetelan kemudi rack and pinion lalu mengendorkan sekrup penyetel agar roda kemudi terasa lebih ringan. 

Jika dilonggarkan terlalu banyak, itu akan membuat setir mobil terasa bergetar. Inilah yang membuat kerusakan rack steer.

Untuk memperbaikinya, Anda hanya perlu mengembalikan setelannya ke keadaan semula.

Jika hal ini tidak memberikan pengaruh apapun, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih detail mengapa setir mobil bisa bergetar di jalanan rusak. 

5. Kondisi Permukaan Ban Mobil Tidak Rata

Setir mobil yang mengalami kerusakan ditandai dengan adanya getaran yang terjadi saat mobil melintasi jalanan yang berbatu atau tidak rata. 

Masalah ini diakibatkan dari tidak seimbangnya posisi roda mobil dan tingkat kerataan ban mobil, sehingga membuat setir mobil bergetar.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan spooring dan balancing. Ada perbedaan antara spooring dan balancing pada ban mobil yang harus diketahui.

Spooring yaitu suatu cara untuk meluruskan roda mobil ke posisi awal. Sementara, balancing adalah suatu cara untuk menyeimbangkan titik roda ban mobil dari segala sisi.

6. Penurunan Performa Engine Mounting 

Engine mounting merupakan komponen dudukan mesin yang berfungsi untuk mengurangi intensitas getaran dari mesin mobil.

Ketika komponen ini bermasalah, maka getaran yang dihasilkan di dalam mobil akan lebih terasa.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Saat Hendak Modifikasi Setir Mobil

7. Permukaan Piringan Rem Tidak Merata

Kondisi setir mobil yang bergetar juga bisa diakibatkan dari komponen piringan rem mobil yang sudah rusak.

Ketika melewati jalanan yang lurus ataupun bergelombang, lalu Anda mengerem mobil maka kondisi yang terjadi adalah keseimbangan mobil akan terasa bergoyang sehingga menyebabkan getaran pada setir mobil Anda. 

Untuk memperbaiki masalah setir mobil yang bergetar ini, biasanya pihak bengkel akan mengganti komponen piringan rem mobil karena sudah aus.

Anda bisa mempercayakan bengkel mobil dari Moservice yang bisa di booking secara online. Kami telah bekerja sama dengan lebih dari 2000 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dapatkan berbagai promo service kendaraan yang bisa Anda gunakan di semua jaringan bengkel Moservice terdekat di kota Anda.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000