back button

4 Tips Merawat Aki Mobil Supaya Awet dan Tidak Cepat Soak

Ditulis oleh : moservice,

14 Oct 2022

fbtwitterwhatsapp
4 Tips Merawat Aki Mobil Supaya Awet dan Tidak Cepat Soak

moservice.id – Semakin banyak komponen kelistrikan mobil, maka beban kerja aki mobil sebagai komponen penyuplai daya listrik akan bertambah.

Aki tak hanya berfungsi untuk menyalakan mesin mobil. Komponen ini berguna untuk menyuplai daya listrik pada sistem kelistrikan kendaraan.

Di pasaran, ada berbagai jenis aki mobil. Salah satunya adalah aki basah menggunakan cairan elektrolit yang harus dipastikan kecukupannya secara berkala.

Sementara aki kering lebih praktis karena tidak menggunakan cairan elektrolit sehingga tidak terlalu banyak memerlukan perawatan.

Agar tidak cepat soak dan rusak, pemilik mobil sebaiknya mengetahui beberapa tips yang bisa membuat aki mobil supaya tetap awet.

Berikut tips untuk merawat aki mobil agar tidak mudah tekor dan jadi lebih awet.

1. Periksa Aki Mobil Secara Berkala

Untuk menjaga keawetan aki mobil dan membuatknya tidak mudah soak, disarankan untuk membersihkan karat pada terminal aki mobil agar tidak menghambat tegangan listrik yang dihasilkan.

Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.

Baca juga: Begini Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah

2. Rutin Panaskan Mobil

Memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Maka, meski tidak sedang akan digunakan, mobil harus tetap dipanaskan secara rutin setiap hari agar arus listrik di dalam aki terus terisi oleh alternator.

Untuk memastikan siklus pengisian ulang pada aki berlangsung dengan baik, kendaraan harus dipanaskan dengan cara dijalankan.

Memanaskan mobil dalam kondisi diam dengan putaran mesin (RPM) langsam tidak akan maksimal mendorong pengisian arus listrik ke aki karena tekanan RPM kurang tinggi.

Sebetulnya, Anda bisa saja menekan pedal gas lebih dalam saat memanaskan mobil untuk mendapatkan putaran RPM yang sesuai agar proses pengisian arus listrik ke aki berjalan sempurna.

3. Matikan Komponen Elektronik Mobil

Hal ini perlu dilakukan agar ketika mesin mobil kembali dinyalakan, arus listrik dari aki hanya terfokus pada starter mesin saja. Dengan demikian, performa aki akan terjaga.

Baca juga: 3 Cara Mengecek Aki Mobil Masih Bagus atau Sudah Soak

4. Cabut Kabel Aki

Saat mobil tidak digunakan dalam waktu lama, yang pertama kali harus dilakukan adalah melepas kabel aki dari terminal penghubungnya.

Hal ini untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus yang bisa menyebabkan aki mobil soak.

Bila aki mobil bermasalah, Anda bisa menghubungi bengkel aki mobil terdekat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Anda bisa melakukan booking bengkel secara online melalui situs Moservice yang telah bekerja sama dengan lebih dari 2000 bengkel mobil di seluruh Indonesia.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000