back button

Cara Memeriksa Run Out Camshaft dan Metode Pengukurannya

Ditulis oleh : moservice,

31 Aug 2022

fbtwitterwhatsapp
Cara Memeriksa Run Out Camshaft dan Metode Pengukurannya

Pemeriksaan terhadap run out camshaft bisa dilakukan secara mandiri asalkan memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk mengeceknya secara detail. 

Setiap kali akan mengutak-atik camshaft untuk melakukan pemeriksaan maka perlu dipahami bahwa komponen yang ada di dalamnya terhubung dengan jumlah 4 tak yang berkaitan erat dengan katup untuk melepaskan gas. 

Fungsi camshaft ini lebih pada menekan bagian katup agar dapat melakukan gerakan membuka dan menutup dengan baik.

Karena memiliki peranan yang penting dan terus bekerja sepanjang waktu, komponen camshaft bisa mengalami keausan.

Jika hanya masalah aus pada komponen, Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan oli seal camshaft atau noken as. 

Namun, apabila komponen camshaft sudah rusak dan mencapai batas keausan yang parah, cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti komponen camshaft dengan yang baru. 

Langkah-Langkah Pemeriksaan Run Out Camshaft

Pemeriksaan tingkatan dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa langkah berikut ini.

  1. Siapkan camshaft dan pastikan posisinya dalam keadaan terpasang jika ingin dilakukan pemeriksaan di bagian v-block.
  2. Proses pemeriksaan komponen ini dilakukan dengan menggunakan dial indikator ukuran yang akurat melalui bagian tengah camshaft.
  3. Lihat hasil pengukuran kemudian coba dibandingkan terhadap nilai standar spesifikasi camshaft dari mobil Anda. Kalau hasil pengukuran jauh lebih tinggi dari nilai maksimal standar maka perlu dilakukan penggantian terhadap camshaft yang baru. Misalkan saja kendaraan kijang memiliki standar run out maksimal 0,06 mm maupun 0,0024 inchi. 
  4. Saat dicek namun run out menghasilkan pengukuran 0,08 mm, maka Anda bisa mengganti bagian camshaft lama dengan komponen yang baru.
  5. Pastikan pemeriksaan yang dilakukan sudah akurat dengan mengecek bagian lainnya yang ada di camshaft, seperti komponen cam lobe.

Baca juga: Kenali Fungsi Fuel Pressure Regulator pada Mobil

Metode Pemeriksaan Komponen Cam Lobe

Setelah itu, saatnya melanjutkan proses pemeriksaan cam lobe yang mana komponen ini berupa tonjolan nok yang terpasang di camshaft. Berikut cara memeriksa cam lobe.

  1. Gunakan mikrometer luar untuk mengukur diameter cam lobe kendaraan Anda. Cari mikrometer yang punya ukuran standar sesuai dengan cam lobe yang terpasang.
  2. Atur mikrometer luar sampai ke posisi 0 sebelum Anda pakai untuk mengukur cam lobe.
  3. Kemudian Anda bisa mulai mengukur dan hasilnya bisa diketahui. Kembali bandingkan dengan nilai standar spesifikasi dari kendaraan Anda.
  4. Apabila ketinggian dari cam lobe lebih rendah dibandingkan batas bawah maka Anda juga perlu segera melakukan penggantian. Contoh untuk nilai standar cam lobe berupa mobil Kijang bagian katup masuk 36,47 mm – 36,57 mm dan katup buang 36,37 mm – 36,57 mm. Jika nilai cam lobe di bagian katup masuk adalah 36,17 mm dengan katup buang 36,07 mm, maka ganti komponen camshaft baru.

Pengecekan Jurnal Camshaft

Proses pemeriksaan dapat dilakukan dengan memanfaatkan mikrometer luar sebagai alat ukur. 

  • Siapkan mikrometer luar yang sudah dilakukan kalibrasi.
  • Ubah pengaturan cari alatnya menjadi 0.
  • Ukur bagian journal camshaft. Jika sudah didapatkan hasilnya maka bandingkan dengan spesifikasi standar dari masing-masing kendaraan. 
  • Perlu diketahui bahwa setiap merk mobil memiliki pengukuran yang berbeda-beda. Sehingga, mobil Toyota tidak akan sama dengan mobil Innova. Mobil Kijang memiliki spesifikasi standar journal camshaft sendiri dan mobil Innova juga demikian.
  • Saat diameter jurnal camshaft yang diperiksa menunjukkan hasil yang tidak sesuai standar, maka Anda bisa lakukan pemeriksaan di bagian celah oli.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk memeriksa masalah run out camshaft pada mobil.

Bagi Anda yang memiliki masalah teknis mesin mobil, Anda bisa booking bengkel secara online dari Moservice

Dapatkan berbagai layanan service mesin mobil dengan harga terjangkau.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000