back button

4 Cara Memperbaiki ECU Mobil yang Rusak

Ditulis oleh : moservice,

13 Oct 2022

fbtwitterwhatsapp
4 Cara Memperbaiki ECU Mobil yang Rusak

moservice.id – ECU atau engine control unit merupakan komponen elektronik yang mengatur sistem kelistrikan mobil secara menyeluruh. 

Semua sistem dan perintah kendaraan akan bersumber dari ECU, sehingga penting untuk menjaga komponen ini selalu tampil prima. 

ECU ini akan mempunyai banyak kabel penghubung yang akan membantunya bekerja. Kabel penghubung ini akan membantu ECU untuk mengatur komponen penting lainnya dalam kendaraan. 

Selain itu, ECU juga akan bisa membantu dalam mengukur volume tangki bahan bakar yang akan dialirkan ke bagian silinder.

Namun, ECU mobil juga bisa mengalami kerusakan. Biasanya, ada beberapa penyebab kerusakan ECU mobil.

Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara mengatasinya, berikut ini cara memperbaiki komponen ECU Mobil yang mengalami kerusakan.

1. Reset ECU Mobil

Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki ECU mobil yang rusak ataupun error adalah dengan melakukan reset ulang.

Hal ini bertujuan untuk mengembalikan pengaturan dasar ECU mobil dari malfunction system yang terjadi.

Bila berhasil, maka masalah selesai dan ECU Mobil bisa berfungsi kembali dengan normal.

2. Periksa Jalur PCB yang Korsleting 

Saat cara pertama tidak berhasil maka ada kemungkinan ECU mobil yang rusak terjadi karena kesalahan saat mengganti lampu kendaraan, sehingga menyebabkan adanya arus pendek atau korsleting.

Bila sudah sampai seperti ini, maka Anda bisa mencari mana jalur yang terbakar dan lakukan solder ulang untuk memperbaikinya.

Baca juga: Camshaft Position Sensor – Fungsi, Cara kerja, dan Tanda Kerusakan

3. Solder Bagian Elco yang Terbakar

Panel sirkuit ECU memiliki berbagai rangkaian sistem kelistrikan dengan fungsinya masing-masing. Bila ada komponen elco yang rusak atau terbakar, maka hal ini bisa menimbulkan kerusakan.

Untuk itu, Anda bisa menyolder ulang komponen elco ECU mobil untuk memperbaiki masalah korsleting listrik yang terjadi.

Cara ini tentu tidak mudah, jadi akan lebih baik bila Anda membawanya ke bengkel untuk diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman. 

4. Ganti Komponen ECU yang Rusak

Bila sudah menyolder komponen tapi ECU mobil masih juga rusak, biasanya pihak bengkel akan merekomendasikan penggantian ECU mobil dengan yang baru.

Sebelum mengganti ECU mobil, pastikan bahwa komponen ECU sudah sesuai dengan mobil Anda. 

Sehingga, ECU mobil bisa berfungsi normal dan tidak ada kendala lagi.

Anda bisa menemukan bengkel mobil terdekat melalui Moservice yang telah menjalin kerja sama dengan lebih dari ribuan bengkel di seluruh Indonesia.

Dapatkan berbagai promo service kendaraan yang bisa Anda gunakan di semua jaringan bengkel rekanan Moservice. Yuk, booking bengkel sekarang juga!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000