back button

6 Ciri Ban Mobil Sudah Aus dan Harus Diganti

Ditulis oleh : moservice,

23 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
6 Ciri Ban Mobil Sudah Aus dan Harus Diganti

moservice.id – Bagi pemilik kendaraan roda empat, memperhatikan kondisi ban mobil adalah hal yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan ban mobil memiliki fungsi sebagai komponen penggerak mobil.

Blla terjadi kerusakan pada ban mobil, tentu akan mempengaruhi performa mobil saat digunakan berkendara.

Hal yang sering menjadi pertanyaan pemilik mobil baru adalah kapan waktu yang tepat dalam mengganti ban mobil?

Kemudian, apa ciri-ciri ban yang sudah harus diganti? Berikut ini tanda-tanda yang harus diketahui saat ban mobil sudah harus diganti.

1. Ketebalan Ban Mobil Sudah Melewati Batas TWI

Setiap ban umumnya terdapat indikasi tread wear indicator (TWI), di mana tanpa ini menjadi batasan keausan ban. 

Ketika tapak ban mobil sudah mencapai batas ini, sebaiknya segera lakukan pergantian agar ban tidak selip atau pecah saat dikendarai.

2. Terdapat Benjolan pada Ban

Adanya benjolan pada ban umumnya disebabkan dari benang maupun kawat di dalam ban yang putus, tentu kondisi ini akan membuat ban mudah pecah dan sebaiknya segera ganti ban mobil yang baru.

Baca juga: Balancing Ban Mobil: Jenis, Manfaat, dan Cara Melakukannya

3. Permukaan Ban Mulai Retak

Terjadinya retak-retak pada ban umumnya disebabkan oleh kontak panas yang terlalu sering, atau biasa diparkir di terik matahari dalam waktu yang lama.

Bila ban mobil sudah menunjukkan adanya keretakan, sebaiknya waspada karena ban akan lebih mudah bocor bila terkena paku atau benda tajam di jalan. 

Jadi, pastikan Anda mengetahui bagaimana cara merawat ban mobil dengan benar.

4. Ban Mobil Gundul Hanya Bagian Tengahnya

Ada pula kasus dimana ban hanya gundul bagian tengahnya saja. Hal ini dikarenakan kurangnya angin pada ban mobil membuat bagian tengah ban langsung bergesekan dengan permukaan jalan, sehingga membuatnya lebih cepat aus.

Bila terus dipaksakan, ketebalan ban yang sudah tidak proporsional bisa membuat ban mobil lebih mudah pecah melewati jalanan yang rusak atau jalanan yang panas.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Spooring dan Balancing pada Ban Mobil

5. Umur Ban Lebih dari 3 tahun

Ban pada mobil terbuat dari bahan karet, tentu kelenturan pada ban akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. 

Semakin lama ban sering dipakai, tentu akan membuat ban semakin tipis dan kelenturannya akan berkurang. Meskipun ban tidak dipakai dalam waktu yang lama, tentu ban akan berkurang elastisitasnya. 

Biasanya, umur ban mobil sekitar 3 tahun, sehingga sebaiknya segera ganti ban agar mobil tetap nyaman ketika digunakan untuk berkendara.

6. Jarak Tempuh Kendaraan Sudah Lebih dari 40 Ribu km

Meskipun umur ban anda belum mencapai 3 tahun, namun bila jarak tempuh ban anda sudah mencapai 40 ribu km maka segera lakukan penggantian ban. 

Umumnya ban anda sudah tipis, dan grip ke aspal sudah tidak begitu kuat seperti baru.

Itulah beberapa alasan mengapa ban mobil harus diganti selain sudah aus. Untuk mengganti ban mobil, Anda bisa melakukan booking bengkel melalui situs Moservice dan pilih bengkel ganti ban mobil terdekat di kota Anda.

Nikmati promo ganti ban mobil yang bisa Anda dapatkan dengan menukar voucher promo saat melakukan booking bengkel secara online melalui akun yang dibuat dalam situs Moservice.id.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000