back button

Fuel Pump: Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Cara Perawatan

Ditulis oleh : moservice,

03 Jan 2023

fbtwitterwhatsapp
Fuel Pump: Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Cara Perawatan

Fuel pump atau yang disebut pompa bahan bakar merupakan komponen penting dalam mesin mobil karena jika pompa bahan bakar tidak bekerja dengan baik, maka mesin tidak akan bisa menyala karena kekurangan bahan bakar. 

Pompa ini terletak di dalam tangki bahan bakar atau di dekatnya, dan terhubung ke sistem pembakaran melalui sebuah selang bahan bakar.

Fungsi Fuel Pump

Fungsi utama fuel pump adalah mengalirkan serta memompa tangki menuju ruang pembakaran mesin secara teratur dan dengan tekanan yang cukup agar mesin dapat bekerja dengan sempurna. 

Pompa ini juga bertanggung jawab untuk menjaga konsistensi tekanan bahan bakar agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan bahan bakar saat mesin bekerja.

Cara Kerja Fuel Pump

Fuel pump bekerja dengan cara memompa bahan bakar ke ruang bakar mesin terlebih dahulu melalui selang bahan bakar, lalu mesin akan mengolahnya dalam ruang bahan bakar. 

Dari proses itulah akan tercipta energi yang akan disalurkan ke berbagai komponen mesin mobil untuk menghidupkan mesin kendaraan. 

Jadi, ketika mobil dinyalakan, maka fuel pump akan langsung aktif mengalirkan bahan bakar.

Pengaliran bahan bakar menuju ruang pembakaran sendiri memiliki proses yang berbeda beda, tergantung teknologi mesin yang digunakan dalam kendaraan. 

Contohnya pada mesin dengan sistem injeksi, maka bahan bakar akan dipompa dari tangki menuju injektor. 

Sementara itu, bahan bakar akan dipompa ke berbagai komponen karburator pada mesin dengan karburator.

Baca juga: Kenali Fungsi Fuel Pressure Regulator pada Mobil

Jenis Fuel Pump

Cara kerja pompa bahan bakar tergantung pada jenis pompa bahan bakar yang digunakan. Ada dua jenis pompa bahan bakar yang umum digunakan, yaitu fuel pump mekanik dan fuel pump elektrik.

1. Pompa Bahan Bakar Mekanik (Mechanical Fuel Pump)

Fuel pump mekanik bekerja dengan menggunakan tenaga mekanik yang disediakan oleh mesin. 

Tenaga ini diubah menjadi tenaga hidrolik yang digunakan untuk memompa bahan bakar ke ruang bakar mesin. 

Fuel pump mekanik umumnya terletak di dekat mesin dan terhubung ke mesin melalui sebuah drive belt.

2. Pompa Bahan Bakar Elektrik (Electrical Fuel Pump)

Fuel pump elektrik bekerja dengan menggunakan tenaga listrik yang disediakan oleh aki kendaraan yang terletak di dalam tangki bahan bakar atau di dekatnya, dan terhubung ke aki kendaraan melalui sebuah kabel listrik.

Cara Merawat Pompa Bahan Bakar

1. Jaga Kebersihan Tangki Bahan Bakar

Pastikan untuk selalu menjaga tangki bahan bakar dari kotoran atau partikel-partikel asing yang dapat masuk ke dalam tangki bahan bakar. 

Ini akan menghindari kerusakan pada fuel pump akibat terjadinya gesekan atau terhalangnya aliran bahan bakar oleh partikel-partikel tersebut.

2. Bersihkan Selang Bahan Bakar

Jangan lupa untuk mengecek kebersihan selang bahan bakar secara berkala dan membersihkannya jika terdapat kotoran atau debu yang dapat menyumbat selang bahan bakar. 

Baca juga: Mengenal Priming Pump: Komponen, Fungsi, dan Cara Kerjanya

3. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai 

Setiap mobil sudah memiliki rekomendasi penggunaan bahan bakar yang ditentukan dari pabrikan. 

Hal ini bertujuan agar kinerja mobil lebih maksimal dan mengurangi resiko kerusakan pada fuel pump akibat kandungan zat-zat kimia yang tidak sesuai.

4. Perhatikan Fuel Filter

Disarankan untuk selalu menjaga kebersihan fuel filter agar tidak terhalangnya aliran bahan bakar ke bagian pompa bahan bakar mobil.

Anda bisa mencoba mengikuti bagaimana cara membersihkan fuel filter berikut.

5. Kuras Tangki Bahan Bakar

Cara merawat fuel pump bisa dibilang cukup sederhana, yaitu dengan menguras tangki bahan bakar setiap 50.000 km atau setiap 5 tahun sekali, selanjutnya lakukan 2 sekali jika mobil sudah digunakan dalam waktu lama. 

Itulah berbagai cara untuk merawat fuel pump. Bila Anda belum biasa melakukannya sendiri, Anda bisa membawanya ke bengkel service mobil terdekat yang bisa ditemukan melalui Moservice.

Moservice telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 2.000 bengkel rekanan di seluruh Indonesia yang bisa membantu Anda memperbaiki berbagai masalah kerusakan mobil.

Daftar sekarang dan dapatkan berbagai promo menarik lainnya.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000