back button

8 Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat di Gas

Ditulis oleh : moservice,

14 Mar 2023

fbtwitterwhatsapp
8 Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat di Gas

moservice.id – Knalpot motor nembak merupakan masalah yang cukup sering terjadi pada sepeda motor. Suara letupan yang dihasilkan dari knalpot motor yang nembak dapat mengganggu menimbulkan kebisingan.

Bunyi yang dihasilkan saat knalpot nembak berasal dari gas buang yang dilepaskan dari silinder mesin, gas tersebut terbakar di dalam knalpot sehingga bisa menghasilkan suara ledakan.

Hal ini biasanya terjadi pada mesin motor yang telah dimodifikasi, baik dengan mengganti knalpot atau modifikasi pada sistem bahan bakar.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan knalpot mengeluarkan suara letupan keras.

1. Pemasangan Knalpot yang Tidak Tepat atau Longgar

Jika knalpot tidak terpasang dengan benar atau ada celah antara pipa knalpot dan mesin, hal ini dapat menyebabkan udara masuk ke dalam sistem knalpot yang akan membuat suara letupan karena adanya zat sisa pembakaran yang bocor keluar. 

2. Proses Pembakaran Tidak Sempurna

Campuran bahan bakar dan udara yang berlebihan atau kekurangan dapat mempengaruhi suara knalpot. 

Jika campuran bahan bakar dan udara terlalu banyak, maka bahan bakar yang tidak terbakar akan masuk ke dalam knalpot dan terbakar secara tiba-tiba dapat menghasilkan suara keras seperti tembakan. 

Sebaliknya, jika campuran bahan bakar dan udara terlalu sedikit, maka knalpot akan mengeluarkan suara yang terlalu halus.

3. Knalpot Motor Rusak

Jika ada kerusakan pada knalpot seperti retak ataupun berlubang, hal ini dapat menyebabkan knalpot mengeluarkan suara ledakan. 

Kerusakan pada knalpot juga dapat menyebabkan pengaruh pada sistem pembakaran dan mempengaruhi kinerja mesin.

Baca juga: Kenali 6 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Berbau Sangit

4. Pemilihan Bahan Bakar Tidak Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor dapat menyebabkan masalah pada sistem pembakaran, termasuk letupan pada knalpot. 

Bahan bakar yang memiliki oktan yang terlalu rendah dapat menyebabkan suara ledakan kecil, sehingga membuat knalpot mengeluarkan suara seperti sedang menembak.

5. Melakukan Modifikasi Knalpot Motor

Knalpot racing atau knalpot yang dimodifikasi dapat menyebabkan knalpot mengeluarkan suara tembakan yang cukup keras. 

Hal ini disebabkan oleh karakteristik desain yang memungkinkan udara dan bahan bakar untuk terbakar bersamaan dengan tidak efisien, sehingga menghasilkan suara letupan keras yang cukup sering terjadi.

6. Karburator Tidak Berfungsi dengan Baik

Karburator adalah komponen yang berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan udara sebelum dihisap oleh mesin. 

Jika karburator tidak berfungsi dengan baik, maka campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin tidak seimbang. 

Hal ini dapat menyebabkan ledakan suara yang tiba-tiba terdengar dari knalpot motor. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan perawatan karburator motor dengan tepat.

Baca juga: 11 Cara Menyetel Karburator Motor agar Kencang dan Irit Bensin

7. Busi Motor Bermasalah

Busi adalah komponen yang berfungsi untuk memberikan bunga api pada campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang pembakaran. 

Jika kondisi busi buruk, maka proses pembakaran tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan ledakan suara brebet-brebet yang tiba-tiba terdengar dari knalpot motor. 

8. Timing Pengapian Tidak Tepat

Pengapian adalah proses di mana busi memberikan bunga api pada campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang pembakaran. 

Jika timing pengapian tidak tepat, maka proses pembakaran tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan ledakan suara yang tiba-tiba terdengar dari knalpot motor. 

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pengecekan pada sistem pengapian dan penyesuaian timing pengapian agar sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan motor.

Bila terjadi kerusakan dengan motor Anda, sebaiknya segera bawa ke bengkel motor terdekat.

Sekarang, Anda bisa lebih mudah menemukan bengkel motor melalui layanan booking bengkel secara online melalui Moservice.id.

Dapatkan berbagai promo service motor sekarang juga!

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000