back button

3 Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala Saat RPM Rendah

Ditulis oleh : moservice,

12 Oct 2022

fbtwitterwhatsapp
3 Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala Saat RPM Rendah

moservice.id – Lampu indikator oli yang menyala menandakan bahwa ada masalah atau kerusakan yang terjadi pada mesin mobil. 

Apalagi bila terjadi saat Anda sedang mengendarai mobil dengan kecepatan putaran mesin yang rendah. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui apa yang menyebabkan lampu indikator oli bisa menyala pada dashboard mobil.

Berikut ini berbagai penyebab yang menyebabkan lampu indikator oli menyala di kondisi RPM rendah.

1. Kerusakan pada Sensor Tekanan Oli

Penyebab indikator oli menyala saat RPM rendah umumnya karena sensor tekanan oli yang rusak. 

Sensor tekanan oli ini bekerja dengan membuka saklar internal ketika tekanan oli yang dihasilkan oleh pompa oli melebihi batas kekuatan pegas sensor. 

Saat saklar dilepas, lampu indikator oli pada dashboard mobil akan mati.

Lampu peringatan oli mobil umumnya menyala ketika sensor tekanan oli gagal naik ke mesin, sehingga akan membuat lampu indikator oli terus menyala sepanjang waktu. 

Untuk memeriksa, lepaskan kabel yang terhubung ke sensor tekanan oli saat mesin hidup. Apabila masih tidak berhenti menyala, disarankan untuk membawanya ke bengkel.

2. Kurangnya Volume Oli Mobil

Lampu indikator oli mobil yang menyala juga bisa disebabkan karena oli di mesin mobil jauh lebih rendah dari biasanya dan tidak dapat melihat garis oli pada level minimum saat mengecek oli mobil dengan dipstick

Berkurangnya volume oli ini menandakan bahwa oli pada kendaraan yang ditarik oleh pompa sering bercampur dengan banyaknya udara yang masuk, sehingga mengurangi tekanan oli yang dihasilkan oleh pompa oli dan mengaktifkan saklar sensor tekanan oli. 

Menghubungkan saklar sensor tekanan oli memberitahu bagian Engine Control Unit (ECU) bahwa tekanan oli berada dalam posisi rendah. 

Jadi, ECU akan menyalakan lampu indikator oli untuk memberikan sinyal kepada pengemudi mobil. Ada beberapa penyebab kerusakan ECU mobil yang bisa diketahui.

Kondisi yang menyebabkan oli mesin rendah sangat bervariasi, bisa dari kebocoran oli sistem pelumasan yang keluar dari mesin. 

Atau dari busi yang bocor, selang oli bocor, dan seal oli mesin bocor sehingga membuat oli yang terbakar di ruang mesin menghasilkan asap putih dengan bau yang agak menyengat.

3. Kerusakan Pompa Oli

Indikasi kerusakan lampu indikator oli mobil saat menjalankan mobil di RPM rendah yaitu berasal dari kerusakan pompa oli.

Cara kerja pompa oli mesin yaitu dengan mendorong oli mesin melalui saluran sistem pelumasan untuk melumasi setiap komponen mesin yang bergesekan satu sama lain. 

Oli yang dipompa ini menciptakan tekanan yang membuka saklar sensor tekanan oli. Dengan begitu, nantinya lampu peringatan oli akan berhenti menyala.

Saat pompa oli rusak dan tidak bisa berputar, biasanya disebabkan karena keausan atau poros roda gigi pompa oli patah. 

Ketika pompa oli rusak, maka tekanan oli untuk menekan saklar di dalam sensor oli tidak bisa dilakukan, hal ini seringkali terjadi saat kondisi mobil berada di kondisi rpm yang rendah. 

Baca juga: Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan Terus Menyala

Cara Mengatasi Lampu Indikator Oli Menyala

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan alat khusus untuk mengukur tekanan oli mesin. Selain itu, pompa oli harus dibongkar untuk melihat kondisi fisik yang terjadi pada rumah pompa oli dan roda gigi. 

Disarankan untuk membawa mobil Anda ke bengkel mobil terdekat untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh. 

Kini, Anda bisa lebih mudah memesan bengkel secara online melalui situs Moservice.id

Moservice.id telah bekerja sama dengan lebih dari ribuan bengkel professional di seluruh Indonesia yang menyediakan berbagai layanan service mobil yang Anda butuhkan.

Dengan melakukan booking dari situs Moservice, Anda berkesempatan mendapatkan berbagai promo service kendaraan secara langsung yang bisa digunakan pada semua jaringan bengkel rekanan Moservice.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, booking bengkel sekarang juga!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000