back button

8 Cara Mengatasi Motor Mogok dan Berbagai Penyebabnya

Ditulis oleh : moservice,

16 Mar 2023

fbtwitterwhatsapp
8 Cara Mengatasi Motor Mogok dan Berbagai Penyebabnya

moservice.id – Motor yang mogok di jalan atau saat dinyalakan menjadi salah satu masalah yang cukup sering dialami para pemilik kendaraan bermotor. 

Meskipun masalah ini cukup umum terjadi, namun masih ada yang tidak tahu apa penyebab motor mogok dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi motor mogok yang bisa dilakukan sendiri.

1. Isi Bahan Bakar yang Sesuai

Terkadang, motor yang mogok bukan berasal dari masalah mesin ataupun komponen lain.

Tapi, dari habisnya bahan bakar motor yang tidak disadari, sehingga membuat mesin motor mati dan tidak bisa dinyalakan.

Pastikan untuk melihat indikator bahan bakar atau melihat langsung tangki bahan bakar untuk mengetahui apakah masih ada bahan bakar yang tersisa atau tidak. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengisi bahan bakar di SPBU terdekat. Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar sesuai oktan yang direkomendasikan oleh jenis motornya.

2. Bersihkan Busi yang Kotor

Busi yang kotor atau aus dapat menyebabkan motor mogok di tengah jalan. Coba lepas busi dari mesin dan periksa apakah elektroda busi bersih dan terlihat kotor. 

Jika kotor dan menghitam, cobalah untuk membersihkan busi motor dengan melepaskannya terlebih dahulu dan membersihkannya dengan lap bersih serta amplas untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada bagian busi.

Bila sudah dibersihkan namun, cobalah untuk memasang busi kembali dan hidupkan mesin motor.

Jika motor masih tidak mau menyala, itu artinya busi motor sudah harus diganti. Anda bisa membawanya ke bengkel motor untuk mengganti busi yang baru.

Baca juga: 5 Penyebab Busi Motor Basah dan Cara Mengatasinya

3. Cek Komponen Filter Udara

Filter udara yang kotor juga menjadi salah satu penyebab motor mogok di jalan. Sebaiknya, Anda memperhatikan kebersihan filter agar tidak mengganggu sirkulasi udara ke mesin. 

Bila memang kotor, sebaiknya bersihkan filter udara secara hati-hati dengan mengeluarkan dari tempatnya lalu bersihkan menggunakan kuas bersih. 

Periksa filter udara dan bersihkan atau ganti dengan yang baru jika diperlukan. Jangan lupa untuk memeriksa apakah filter udara sudah kembali dipasang dengan benar.

Tidak disarankan untuk membasahi filter udara motor karena dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Filter udara motor dirancang untuk menangkap partikel debu dan kotoran yang dapat masuk ke dalam mesin saat motor beroperasi.

Jika filter udara basah, maka partikel debu dan kotoran akan lebih mudah menempel dan menempel pada permukaan filter udara, sehingga mengurangi kemampuan filter untuk menangkap partikel-partikel tersebut.

Selain itu, air pada filter udara dapat menyebabkan karat pada bagian-bagian mesin yang terbuat dari logam, yang dapat mengurangi masa pakai mesin. 

Jadi, sebaiknya filter udara tetap kering dan bersih agar dapat berfungsi dengan baik dan menjaga mesin tetap awet.

4. Perbaiki Masalah pada Sistem Pengapian

Sistem pengapian yang rusak juga dapat menyebabkan motor mogok karena.akan menghambat proses campuran pembakaran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin, sehingga membuat mesin tidak dapat dinyalakan.

Jangan lupa untuk memeriksa bagian kabel-kabel pengapian dan cek apakah ada kabel yang putus atau aus. Jika iya, ganti kabel yang baru.

5. Ganti Karburator

Karburator berfungsi sebagai alat untuk mencampurkan udara dan bahan bakar sebelum masuk ke mesin. 

Karburator yang kotor atau rusak dapat membuat campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak tepat, sehingga mesin tidak dapat berjalan dan membuatnya mogok.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan karburator secara berkala. Bila sudah dibersihkan mesin motor masih mogok, maka disarankan untuk membawanya ke bengkel untuk dicek apakah perlu dilakukan penggantian karburator atau tidak. 

Baca juga: Cara Menyetel Karburator Motor agar Kencang dan Irit Bensin

6. Charge Ulang Aki Motor

Aki motor dapat berpengaruh pada kinerja mesin motor. Aki yang rusak atau lemah dapat menyebabkan motor sulit dihidupkan. 

Bila aki yang tidak dapat memberikan daya listrik yang cukup, maka starter motor tidak akan bisa digunakan.

Selain itu, aki yang tidak bekerja dengan baik juga dapat menyebabkan sistem pengapian menjadi tidak stabil dan menyebabkan mesin mogok atau mati secara tiba-tiba saat sedang digunakan.

Untuk mengetahuinya, cobalah memeriksa dengan alat multimeter. Jika tegangan rendah, Anda bisa mencoba untuk charge ulang aki motor.. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kondisi aki secara berkala dan menggantinya jika diperlukan agar motor tetap berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah.

7. Dinginkan Mesin Motor yang Overheat

Sistem pendingin mesin berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan tidak terlalu panas saat mesin bekerja. 

Jika suhu mesin terlalu tinggi atau mengalami overheat, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin dan bahkan menyebabkan mesin mogok.

Kerusakan pada sistem pendingin mesin, seperti kebocoran pada sistem pendingin, pompa air yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, kipas radiator yang tidak berputar, atau terlalu sedikit cairan pendingin, dapat menyebabkan suhu mesin naik dan mengakibatkan mesin mogok. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa dan menjaga sistem pendingin mesin agar tetap berfungsi dengan baik, sehingga dapat mencegah terjadinya masalah pada mesin motor.

8. Kuras Tangki Bensin

Motor yang mogok bisa berasal dari masalah bahan bakar yang kotor atau tercemar dengan campuran zat lainnya.  Kotoran pada bahan bakar bisa menyumbat jalur bahan bakar yang mengalir dari tangki bahan bakar ke mesin. 

Anda bisa mencoba untuk menguras tangki bensin dengan cara menghabiskan bensin sampai habis lalu mengisi bahan bakar.

Namun, bila ingin lebih bersih, sebaiknya bawa motor ke bengkel agar bisa dilakukan kuras tangki motor secara menyeluruh menggunakan peralatan khusus.

Sekarang, Anda bisa dengan mudah menemukan bengkel motor terdekat melalui layanan booking bengkel secara online dari Moservice.id.

Kami menjalin kerja sama dengan ribuan bengkel motor profesional yang tersebar di berbagai di kota seluruh Indonesia, sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh para pemilik kendaraan.

Yuk, daftar sekarang dan dapatkan berbagai promo service motor menarik lainnya!

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000