back button

Apa Fungsi serta Perbedaan Crankshaft dan Camshaft pada Mobil?

Ditulis oleh : moservice,

02 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
Apa Fungsi serta Perbedaan Crankshaft dan Camshaft pada Mobil?

moservice.id – Banyak para pemilik mobil yang belum memahami sejumlah komponen penting didalam kendaraannya. Salah satu komponen itu adalah crankshaft dan camshaft

Meski terbilang hampir mirip tulisannya, namun kedua komponen ini memiliki perbedaan. 

Jika dilihat dari segi fungsinya, kedua komponen ini memang memiliki perbedaan yang cukup jelas. Meski sama-sama berada di mesin mobil, keduanya memang berguna untuk menggerakkan mesin kendaraan. 

Kegunaan Camshaft

Bagi Anda yang sudah memahami dunia otomotif, camshaft dikenal dengan sebutan kruk as, poros nok, noken as, atau poros hubungan. 

Fungsi camshaft adalah pengatur gerakan naik turun pada piston yang bergerak berputar di bagian mesin mobil. Komponen ini akan dihubungkan langsung dengan connecting rod atau stang seher.

Ketika mesin bekerja, maka akan memunculkan ledakan di bagian ruang bakar mesin mobil. Setelah itu akan memunculkan tenaga yang mendorong piston ke posisi bawah. 

Saat ada gerakan ke bawah, maka connecting rod mengalami geseran ke crank pin dan membuat crankshaft bergerak memutar.

Camshaft berada di bagian blok mesin yakni di sisi bawah silinder bore. Bagi Anda yang ingin memastikan letak komponen ini maka silahkan melihat pada sisi bawah silinder blok pada mesin mobil.

Komponen mobil ini juga memiliki sejumlah bagian penting semisal crank journal untuk poros berputar dan balancer weight yang difungsikan sebagai penyeimbang.

Baca juga: Cara Memeriksa Run Out Camshaft dan Metode Pengukurannya

Kegunaan Crankshaft 

Di dalam mesin mobil, crankshaft atau poros engkol berfungsi sebagai pengatur membuka dan menutupnya klep (katub), menggerakkan fuel pump, mengatur sisi poros distributor dan sebagai sensor untuk mendeteksi semua perputaran camshaft di bagian mesin mobil.

Crankshaft terdapat di bagian silinder kepala yang ada di dalam blok mesin. Bentuk crankshaft adalah batangan silinder yang memiliki ukuran panjang sesuai dengan ukuran bak mesin. 

Bagian ini berbentuk journal yang memiliki fungsi sebagai poros rotasi dan lobe untuk menekan klep. Kinerja crankshaft akan maksimal jika terhubung dengan crankshaft dengan dikaitkan komponen lain yang disebut timing belt (timing chain) dan timing gear

Baca juga: Cara Mudah Melakukan Pengukuran Blok Silinder Mobil

Perbedaan Crankshaft dan Camshaft

Lalu apa perbedaan Crankshaft dan Camshaft? Berikut ini sejumlah perbedaan kedua komponen supaya Anda semakin memahami apa kegunaan keduanya di bagian mesin mobil.

  • Jika dilihat dari segi dimensinya, crankshaft dan camshaft juga sangat berbeda. Crankshaft memiliki dimensi lebih tebal dan berat, sedangkan camshaft lebih tipis dan ringan secara umumnya.
  • Kemudian juga berbeda dari segi fungsinya. Crankshaft digunakan untuk mengonversi gerakan maju mundur dari piston yang ada di silinder mesin. Sedangkan, camshaft untuk mengatur buka tutup katup dan exhaust sesuai dengan gerakan firing order.
  • Letaknya juga berbeda, crankshaft ada di bawah silinder blok mesin, dan letak camshaft ada di blok mesin atau di sisi silinder kepala.
  • Sedangkan, perbedaan selanjutnya ada di jumlah putaran. Crankshaft berputar sebanyak dua kali sekali siklus sedangkan camshaft hanya berputar sekali saja.

Nah itulah penjelasan apa perbedaan crankshaft dan camshaft yang bisa Anda ketahui.

Dengan mengetahui fungsi dan perbedaannya, maka Anda akan semakin memahami keseluruhan komponen kendaraan Anda mulai sekarang.

Bila Anda memiliki masalah dengan kendaraan, yuk bawa ke bengkel rekanan Moservice yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

Temukan bengkel terdekat di kota Anda sekarang!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000