back button

6 Ciri Kerusakan Dinamo Starter Mobil dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh : moservice,

10 Nov 2022

fbtwitterwhatsapp
6 Ciri Kerusakan Dinamo Starter Mobil dan Cara Mengatasinya

moservice.id – Dinamo starter berfungsi untuk menghidupkan mobil, bila terjadi kerusakan, tentu akan membuat mesin mobil tidak bisa menyala.

Berikut ini ciri-ciri kerusakan pada dinamo starter mobil yang harus diwaspadai.

1. Terjadi Bunyi Mendesing dan Gemeretak

Kerusakan dinamo starter mobil rusak ditandai dengan adanya bunyi berderak yang muncul karena gesekan gigi pinion gear dan gigi ring gear engine

Selain itu, ada juga suara mendesing yang muncul karena bantalan satu arah sproket yang rusak dan harus segera diganti. 

2. Mobil Sulit Distarter Dalam Keadaan Panas

Ciri dinamo starter mobil rusak yang lainnya bisa ditemukan ketika mobil dalam keadaan mesin sudah panas atau mengalami overheat

Hal ini disebabkan oleh peningkatan tahanan koil. Ketika panas motor mengenai badan magnet, resistansi dalam koil meningkat. 

Ini mempengaruhi arus penahan dan mencegahnya mengalir sepenuhnya melalui koil. Jika arus terputus atau ditekan, mesin secara otomatis akan mulai lebih keras.

Namun, hal ini berbeda jika mobil diparkir dalam waktu lama atau mesin dingin, mesin akan lebih mudah dihidupkan.

3. Aki Mobil Habis

Gejala kerusakan dinamo starter mobil juga bisa diketahui dari tanda-tanda aki mobil yang sudah melemah (soak) ataupun habis, sehingga dapat mempengaruhi nyala dinamo.

Aki mobil berfungsi untuk memberikan supply daya listrik ke berbagai komponen kelistrikan, bila aki mobil habis tentu saja dinamo starter tidak akan bisa menyala.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengenal terlebih dulu jenis aki mobil yang digunakan. Apakah aki basah atau aki kering? Karena keduanya memiliki cara perbaikan yang berbeda.

4. Muncul Bunyi “Klik” di Dalam Mesin

Dinamo starter yang mengalami kerusakan selain menimbulkan bunyi bising juga akan terdengar bunyi klik-klik-klik menggelitik yang cukup keras seperti bergesekan dengan benda lain.

Bunyi tersebut berasal dari kerusakan komponen dinamo starter atau sambungan aki mobil yang kotor, sehingga menyebabkan bagian dinamo starter mobil menjadi aus.

5. Lampu Mobil Tidak Menyala

Tanda-tanda dinamo starter mobil rusak juga bisa dilihat dari menyala atau tidaknya lampu mobil. Hal ini karena lampu mobil memerlukan listrik untuk menyala.

Bila secara tiba-tiba lampu mobil yang tadinya nyala menjadi mati, memang ada kemungkinan terjadi kerusakan pada lampu mobil. Anda hanya perlu mengetahui jenis lampu mobil yang digunakan lalu menggantinya.

Namun, bila saat menghidupkan mesin lampu mobil sudah tidak menyala sama sekali, ada masalah yang terjadi pada bagian arus listrik mesin.

Kemungkinannya bisa karena lampu mobil rusak, soket lampu bermasalah, aki mobil soak, hingga dinamo starter mobil yang rusak.

6. Mobil Tidak Bisa Dihidupkan Sama Sekali

Dinamo starter yang bermasalah bisa menyebabkan mobil sama sekali tidak bisa dinyalakan karena sekring dinamo putus, sehingga aliran listrik berhenti total dan tidak mengalir ke bagian kelistrikan mesin.

Kerusakan dinamo ini diakibatkan karena adanya kabel yang putus atau terjadi korsleting pada jalur kelistrikan dinamo starter mobil.

Baca juga: Kelihatan Simpel, Ternyata Begini Cara Kerja Starter Mobil

Penyebab Kerusakan Dinamo Starter Mobil

Setelah mengenal berbagai ciri kerusakannya, ada 3 penyebab kerusakan dinamo starter mobil yang sering terjadi, diantaranya:

1. Kerusakan Bagian Dinamo Starter

Kerusakan pada dinamo starter dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena masa pakai yang membuat dinamo selalu aktif bekerja tanpa henti.

Bila dinamo mati, maka mesin tidak dapat dihidupkan. Jika Anda terus menggerakkan dinamo dengan paksa, dinamo starter akan segera putus. 

Memaksa dinamo terus bekerja dapat menyebabkan panas atau overheat yang dapat membakar berbagai komponen lain pada mesin.

2. Carbon Brush pada Dinamo Starter Habis

Penyebab dinamo starter mobil rusak lain yang dapat menyebabkan dinamo starter tidak berfungsi atau rusak adalah keausan pada carbon brush dinamo starter. 

Ada beberapa tanda dinamo starter yang sudah habis dan harus diperbaiki, seperti dinamo berputar lemah dan biasanya mengeluarkan bunyi saat mobil distarter.

Jika merasa ada yang salah dengan dinamo starter mobil, Anda bisa memeriksa bagian sikat karbonnya.

3. Masalah pada Bagian Kelistrikan Mobil

Bagian kelistrikan memiliki fungsi yang penting untuk membuat mesin mobil bisa menyala melalui serangkaian komponen kelistrikan. Salah satunya adalah aki mobil.

Bila aki mobil rusak atau habis, tentu saja akan berpengaruh terhadap dinamo starter yang bisa bisa dinyalakan.

Cara Mengatasi Kerusakan Dinamo Starter Mobil

Untuk memperbaiki kerusakan dinamo starter mobil, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini

1. Cek Kabel Socket Dinamo Starter Mobil

Jika starter mobil Anda tidak berfungsi dengan baik, tetapi Lampu check engine menyala atau berkedip-kedip, maka segera cek kabel bagian soket dinamo starter.

Anda akan menemukan kabel kecil yang terhubung ke bagian dinamo starter apakah terlepas atau memang ada bagian yang putus, sehingga mengalami dinamo starter mengalami korslet.

2. Perhatikan Komponen Relay Starter

Setelah itu, Anda juga bisa melihat bagian relay starter dinamo apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak.

3. Periksa Bagian Aki Mobil

Masalah kerusakan dinamo starter hampir sebagian besar diakibatkan oleh aki mobil yang sudah lemah ataupun soak, sehingga daya listrik tidak bisa mengalir dengan baik.

Untuk itu, Anda bisa mengecek bagian kleman aki mobil menggunakan multimeter  yang ada di kutub positif dan negatifnya apakah masih ada arus listrik yang mengalir atau tidak.

Atau, Anda bisa melakukan jumper aki mobil untuk membuat aki mobil berfungsi kembali.

Baca juga: 3 Cara Mengecek Aki Mobil Masih Bagus atau Sudah Soak

4. Perbaiki Sambungan Kabel Aki Mobil yang Putus

Bila ada sambungan yang putus, tentu akan menghentikan aliran listrik secara total dan membuat mesin mobil tidak bisa dinyalakan bahkan berbagai komponen kelistrikan mobil lainnya.

Untuk itu, disarankan agar Anda melihat secara teliti apakah ada kabel aki yang putus atau tidak. 

Bila memang putus, maka Anda bisa menyambungnya kembali atau mengganti kabel aki tersebut agar dinamo starter bisa berfungsi normal.

5. Bawa Ke Bengkel 

Bila Anda tidak memiliki keahlian khusus dalam mengatasi masalah teknis mobil, disarankan untuk segera membawanya ke bengkel mobil terdekat.

Anda bisa menggunakan Moservice sebagai situs booking bengkel secara online yang dapat membantu menemukan bengkel terdekat di kota Anda dan telah menjangkau lebih dari 2000 bengkel profesional di seluruh Indonesia.

Nikmati berbagai promo service kendaraan sekarang juga hanya di Moservice!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000