back button

7 Ciri Thermostat Mobil Rusak dan Cara Perbaikannya

Ditulis oleh : moservice,

30 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
7 Ciri Thermostat Mobil Rusak dan Cara Perbaikannya

moservice.id – Thermostat mobil merupakan salah satu komponen sistem pendingin mobil yang berfungsi berfungsi untuk mengatur cairan pendingin di dalam mesin kendaraan. 

Cairan pendingin ini akan berguna untuk membantu mesin selalu dalam kondisi yang stabil dan tidak cepat panas. 

Bila komponen thermostat rusak, tentu akan menyebabkan banyak masalah. Berikut ini ciri-ciri yang menandakan thermostat mobil mengalami kerusakan.

1. Penggunaan Bahan Bakar Lebih Boros

Kerusakan thermostat mobil akan membuat mesin mobil menjadi tidak optimal, karena membuat suhu mesin mobil ada di suhu rendah yang membuatnya sulit melakukan pembakaran bahan bakar. 

Hal inilah yang membuat bahan bakar mobil lebih boros dan cepat habis, karena mesin mobil harus bekerja lebih ekstra dan untuk melakukannya, maka harus mengkonsumsi bahan bakar yang lebih banyak. 

2. Mesin Mobil Mudah Overheat 

Dampak lain dari thermostat mobil yang sudah rusak adalah mesin kendaraan tiba-tiba cepat panas atau disebut dengan istilah overheat

Tanda-tanda thermostat mobil yang sudah rusak bisa diketahui dari terlalu seringnya mobil mengalami overheat, walaupun tidak melakukan perjalanan jauh.

Baca juga: Tips Merawat Sistem Radiator Mobil Supaya Tidak Overheat

3. Tenaga Mesin Mobil Berkurang

Masalah overheat yang disebabkan dari thermostat yang rusak dapat menurunkan kinerja mesin, sehingga mesin mobil menjadi kurang bertenaga.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan air radiator pada mobil agar suhu mobil cepat turun.

4. Komponen Thermostat Tidak Berfungsi 

Komponen thermostat di dalam mesin mobil tak hanya mempunyai peran dalam menjaga suhu tetap stabil, tapi juga akan mempunyai peran dalam membuat saluran air di dalam radiator tetap berjalan normal. 

Bila komponen thermostat bermasalah, maka thermostat akan macet dan tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Saat thermostat mengalami kemacetan, maka saluran air di dalam radiator tidak bisa berproses sehingga akan membuat kondisi mesin menjadi lebih panas. 

Bila tanda-tanda kerusakan thermostat ini sudah mulai muncul, disarankan untuk langsung ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekkan lebih lanjut.

5. Butuh Waktu Lama Memanaskan Mesin

Masalah lain yang ditimbulkan oleh thermostat mobil yang mengalami kerusakan yaitu mesin mobil akan susah panas dan sulit dinyalakan. 

Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja mesin mobil dan membuat mesin mobil akan sering mati karena suhu mesin mobil lebih cepat dingin walaupun sedang dinyalakan. 

6. Bagian Thermostat Tidak Bisa Menutup

Apabila Anda melihat thermostat mobil terus terbuka dan tidak bisa ditutup, hal tersebut menandakan bahwa komponen thermostat mobil sudah rusak dan perlu diganti.

Dalam keadaan normal, biasanya komponen thermostat akan selalu tertutup dan hanya akan terbuka saat suhu mobil sedang overheat

Namun, bila masih dalam suhu 30 derajat celcius saja thermostat ini sudah terbuka maka dipastikan bagian tersebut mengalami masalah.

7. AC Mobil Jadi Lebih Panas

Tak hanya itu, kerusakan thermostat mobil juga berpengaruh pada kondensor ac mobil sehingga membuat suhu ac mobil akan terasa lebih panas daripada biasanya. 

Oleh karena itu, Anda harus menjaga agar mesin tidak sampai overheat. Karena, panas berlebih pada mesin akan mempengaruhi banyak komponen lainnya.

Baca juga: Selain Panas! Ini Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Sudah Rusak

Cara Merawat Thermostat Mobil agar Tidak Mudah Rusak

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar komponen thermostat mobil tetap awet.

– Jaga Keseimbangan Cairan Radiator

Salah satu masalah yang disebabkan oleh kerusakan thermostat mobil adalah overheat. Untuk itu, Anda bisa memperhatikan ketersediaan air radiator agar tidak habis.

Hal ini bisa membantu mencegah masalah overheat yang terjadi, sehingga mesin mobil tidak cepat panas walaupun thermostat mobil mengalami kerusakan.

– Kuras Air Radiator

Untuk merawat kualitas air radiator, Anda juga bisa menguras tangki air radiator secara berkala. 

Anda bisa mengikuti cara menguras air radiator yang telah diulas sebelumnya untuk membersihkan kotoran yang ada dalam tangki, sehingga bisa membantu merawat komponen thermostat mobil.

– Pilih Radiator Coolant Berkualitas

Gunakan cairan pendingin khusus radiator atau radiator coolant untuk membantu proses pendinginan mesin mobil, sehingga bila terjadi kerusakan thermostat mobil, suhu mobil tidak akan mudah panas dan Anda punya waktu untuk membawanya ke bengkel terdekat untuk diperbaiki secepatnya.

– Ganti Tutup Radiator

Fungsi tutup radiator yang utama yaitu mencegah terjadinya kebocoran pada air radiator mobil  dengan seal yang mengikatnya. 

Bila seal ini rusak, tentu akan berbahaya bagi mesin mobil dan harus segera diganti agar tidak merusak komponen mesin mobil lainnya. 

Cara Memperbaiki Kerusakan Thermostat Mobil

Bila thermostat mobil sudah terlanjur rusak dan tidak bisa diperbaiki, disarankan untuk di bawa ke bengkel agar bisa diganti dengan komponen baru oleh mekanik yang berpengalaman.

Hal ini untuk menghindari adanya kerusakan karena ketidaktahuan tentang masalah teknis mobil.

Anda bisa mempercayakan service mobil Anda dengan melakukan booking bengkel secara online melalui situs Moservice.id.

Moservice telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 2000 bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Di mana Anda bisa memilih berbagai jenis layanan service mulai dari service mesin mobil, ac mobil, home service, dan masih banyak lainnya.

Anda bisa memilih bengkel service mobil yang terdekat dengan kota Anda dan dapatkan berbagai promo service kendaraan yang bisa Anda gunakan sekarang juga!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000